KISI
KISI T.A 3D XI
Soal
1.
cara
pemberian warna pada Animasi 3 Dimensi blender
2.
pengertian
Vertex pada Animasi 3 Dimensi
3.
pengertian
Scaling pada Animasi 3 Dimensi
4.
pengertian
Rotation pada animasi 3 Dimnesi
5.
pengertian
Objek Mode pada Animasi 3 Dimensi
6.
secara
detail proses pembuatan objek 3 Dimensi yang pernah kamu buat
7.
pengertian
Edit Mode pada Animasi 3 Dimensi
8.
cara
pemberian texture pada Animasi 3 Dimensi blender
9.
pengertian
Edge pada animasi 3 Dimensi
Jawaban
1.
Cara
memberi warna pada animasi 3D blender
a.
Sekarang
untuk mewarnai object yang terseleksi (cube) beralih ke menu propeties,tampilan
menu yang ada di sebelah kiri dan pilih menu material
b.
Setelah
di pilih menu material tampilannya akan berubah seperti gambar berikut,
c.
Selanjutnya
untuk memilih warna,ke menu diffuse clik kolom yang berwarna putih,
d.
Dan
jika dirender maka hasilnya seperti berikut,
2.
Vertex
adalah titik-titik yang dihubungkan dengan edge, dan merupakan komponen paling
dasar dari objek 3 dimensi.
3.
Scale : menskala (memperbesar atau
memperkecil) objek dengan menekan tombol [S]
4.
Rotation : memutar objek dengan menekan tombol
[R]
5.
Object
Mode digunakan untuk pengeditan objek secara keseluruhan
6.
Membuat
meja 3D
a.
klik
File - New, atau bisa menekan tombol di keyboard, ctrl+n. dan akan menampilkan
seperti gambar :
b.
Setelah masuk pada aplikasi blender
tersebut, pada gambar diatas adalah gambar berbentuk kubus. Dimana kubus
tersebut menjadi bahan dasar untuk membuat meja. Seleksi pada object kubus
tersebut (klik kanan mouse) - Klik S pada keyboard, lalu atur arah searah sumbu
X/Y/Z (sambil menekan scroll pada mouse dan arahkan sesuai sumbu). Agar kubus
tersebut menjadi pipih dan panjang gunakan S+Z dan S+Y untuk melebarkan object
tersebut, hingga seperti papan. Sesuaikan dengan selera sobat. Maka saya
contohkan seperti gambar dibawah :
c.
Setelah itu kita mulai untuk mengedit papan
tersebut, untuk masuk ke “edit mode” tekan “Tab” pada keyboard hingga object
tersebut berwarna kuning seperti gambar di bawah :
d.
lalu
kita buat garis untuk memudahkan membuat kaki-kaki meja yang akan dibuat.
Awalnya kita buat garis searah dengan sumbu Z dengan menekan di keyboard ctrl+r
lalu gunakan Scroll pada mouse untuk membentuk garis berwarna ungu-nya, setelah
selesai ketik enter pada keyboard.
e.
Buat
lagi dengan searah sumbu Y dengan perintah yang sama (ctrl+r) + scroll mouse.
Maka akan seperti gambar dibawah :
f.
untuk
membuat kaki meja-nya, kita harus menyeleksi dulu bagian yang di pilih
menggunakan “Face Select” (ctrl+tab – face Select) atau Lihat pada gambar
dibawah : Lalu sobat arahkan kebawah
bagian object, (menahan tombol scroll pada mouse+arahkan mouse kebawah object).
Setelah itu seleksi setiap sudut object untuk membuat kaki mejanya dengan
menggunakan perintah tekan Shift + klik kanan mouse maka akan menampilkan
gambar seperti ini :
g.
Setelah
sudut bagian bawah terseleksi saat-nya untuk menarik bagian yang terseleksi
tersebut dengan menekan huruf “e” sekali saja pada keyboard. Dan sesuaikan
tingginya dengan keinginan sobat. Maka gambarnya akan seperti ini :
h.
dan
kita kembalikan lagi pada “Object Mode” dengan menekan tombol “Tab” pada
keyboard.
i.
Setelah
itu kita beri wana pada object dan background-nya agar terlihat cantik dan
indah setelah direndering, dengan cara klik “World” yang berada di kanan layar
(yang bergambar bola dunia). Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya :
j.
dan
langkah selanjutnya adalah kita render, yaitu kita jadikan object tersebut
terlihat seperti nyata / 3 Dimensi. Untuk merender klik Render – Render Image,
atau jika ingin cepat ketik F12 pada keyboard. Tunggu beberapa saat dan
jenjreenng.. hasilnya akan seperti gambar dibawah..
7.
Edit
Mode digunakan untuk melakukan pengeditan pada objek dengan memilih titik
tertentu
8.
Cara
memberikan texture (contoh kayu)
a.
cari
gambar teksture. (Misal kayu) setelah itu kita aktifkan dulu di menu bar
sebelah kanan di bagian Display, beri tanda centang pada Textured Solid
(Apabila menu belum muncul tekan “n” pada keyboard)
b.
Setelah
itu kita beralih ke menu material, klik tanda “+” kemudian klik new, Setelah
itu kita pindah ke menu texture, klik new, dan pilih ubah type dari Clouds
menjadi “Image or Movie” kita geser kebawah dan temukan menu image dan klik
Open (untuk memilih gambar yang telah kita siapkan tadi.) Setelah kita pilih
kita klik accept.
c.
d.
e.
f.
Untuk
melihat Hasilnya apakah tekstur sudah bisa di gunakan, kits lihat kembali di
material, apabila bola sudah terlihat terdapat sebuah tekstur maka sudah dapat
di aplikasikan.
g.
Sekarang
kita beralih pada object kita ubah dari object mode menjadi edit mode seperti
tutorial sebelumnya cukup kita tekan tombol “Tab” kemudian Ubah Mesh Select
Mode menjadi Face dengan tekan “Ctrl+Tab” Kemudian Pilih face Kita coba select
Salah satu face. oh ya sebelumnya kita jadikan jendela view menjadi 2 jendela.
Caranya Klik kiri pada pojok kanan atas jendela kemudian drag/ seret ke kiri.
h.
Dan
ubah Editor Style salah satu Jendela menjadi "UV/Image Editor" lihat
gambar.
i.
atau
j.
Kemudaian
letakan kursor di jendela sebelah kiri tekan "u" pilih Unwraping,,
Ke menu material lagi
kemudian pilih material yang sudah kita beri texture lalu pilih Asign.
maka hasinya akan :
9.
Edge
adalah garis yang menghubungkan lebih dari dua vertex(titik). Contoh edge pada
objek polygon:
a.
Jawaban belum tentu benar, jadi telitilah sebelum dipakai.
Sumber : Kisi Kisi T.A 3D XI
1 comments:
commentssangat membantu!! makasih
Reply