[beta] Kisi Kisi T.A 3D XI

Hasil gambar untuk Blender
KISI KISI T.A 3D XI

Soal
1.      cara pemberian warna pada Animasi 3 Dimensi blender
2.      pengertian Vertex pada Animasi 3 Dimensi
3.      pengertian Scaling pada Animasi 3 Dimensi
4.      pengertian Rotation pada animasi 3 Dimnesi
5.      pengertian Objek Mode pada Animasi 3 Dimensi
6.      secara detail proses pembuatan objek 3 Dimensi yang pernah kamu buat
7.      pengertian Edit Mode pada Animasi 3 Dimensi
8.      cara pemberian texture pada Animasi 3 Dimensi blender
9.      pengertian Edge pada animasi 3 Dimensi
Jawaban
1.      Cara memberi warna pada animasi 3D blender
a.      Sekarang untuk mewarnai object yang terseleksi (cube) beralih ke menu propeties,tampilan menu yang ada di sebelah kiri dan pilih menu material" Clik gambar untuk memperbesar tampilan "
b.      Setelah di pilih menu material tampilannya akan berubah seperti gambar berikut, " Clik gambar untuk memperbesar tampilan "
c.       Selanjutnya untuk memilih warna,ke menu diffuse clik kolom yang berwarna putih, " Clik gambar untuk memperbesar tampilan "
d.      Dan jika dirender maka hasilnya seperti berikut, " Clik gambar untuk memperbesar tampilan "
2.      Vertex adalah titik-titik yang dihubungkan dengan edge, dan merupakan komponen paling dasar dari objek 3 dimensi. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhyUitemQ3OSIPr-YzLXAdK0EnbXhyphenhyphenYuluImJkLb0uO2644dcCu_bhsFGYKGh623O4u3AW1qwuSqRe8Ks8Ie1jMvy9cixgeGCjEdZv8d5PgyGDKVJKqJZ1p7tZXRmq3ZsxYNvSb2YFxYBfW/s400/vertex.jpg
3.      Scale             : menskala (memperbesar atau memperkecil) objek dengan menekan tombol [S]
4.      Rotation        : memutar objek dengan menekan tombol [R]
5.      Object Mode digunakan untuk pengeditan objek secara keseluruhan
6.      Membuat meja 3D
a.      klik File - New, atau bisa menekan tombol di keyboard, ctrl+n. dan akan menampilkan seperti gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPkkOzPWk4mRgCOI-cAQ8i91ibIagQgYR8idqAp_cZ0O1UjaI0RsnwfvIxzj76ec18sZ6hz-ZgGMPlZZpVGPblcl5sqURhCiFvdCCSDZHjlfaqucwfgstQlxqeQ3ZMJljGBKeps0UGK_4/s1600/Gambar+Membuat+Meja+Menggunakan+Blender.JPG
b.         Setelah masuk pada aplikasi blender tersebut, pada gambar diatas adalah gambar berbentuk kubus. Dimana kubus tersebut menjadi bahan dasar untuk membuat meja. Seleksi pada object kubus tersebut (klik kanan mouse) - Klik S pada keyboard, lalu atur arah searah sumbu X/Y/Z (sambil menekan scroll pada mouse dan arahkan sesuai sumbu). Agar kubus tersebut menjadi pipih dan panjang gunakan S+Z dan S+Y untuk melebarkan object tersebut, hingga seperti papan. Sesuaikan dengan selera sobat. Maka saya contohkan seperti gambar dibawah : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxX4c3HEU9FwWt_4YtE0Zwek52mnVGZhLbLlSHBfcTMofAiIS7aebo-4b0v9i316l0eWpnSsYlLp2fu1bNp95qmJBd3L8NXXY658gkQ5XPnsWZmdJk6925vdWmoCk005EGG8TNpqlZJug/s1600/Gambar+Membuat+Meja+Menggunakan+Blender+2.JPG
c.         Setelah itu kita mulai untuk mengedit papan tersebut, untuk masuk ke “edit mode” tekan “Tab” pada keyboard hingga object tersebut berwarna kuning seperti gambar di bawah : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiU9xEJTC23b-nA3hSg8z0EvIcY8O4TdVQQCActcZBI68Gt9HntjwSpjZFsDoscCwQuXcHx7Xya1FbbM3XlptU1LWxSymuuhjHW8fLFCTex8ix_ftSTQP_Ha0BEJGbEqt2u_vLAzuGZiJo/s1600/Gambar+Membuat+Meja+Menggunakan+Blender+3.JPG
d.      lalu kita buat garis untuk memudahkan membuat kaki-kaki meja yang akan dibuat. Awalnya kita buat garis searah dengan sumbu Z dengan menekan di keyboard ctrl+r lalu gunakan Scroll pada mouse untuk membentuk garis berwarna ungu-nya, setelah selesai ketik enter pada keyboard. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifB3X53Ihr4GHz365xuDr7xNCwmfKUyq0uvY80axMuhxkmnX5IfdG5yy2zXRtcAIYVtuv9p82wzX4xueUEOtk4s9lhXHvV3XTfk6meNGR5wTsRGNRyWJMDBMvx_w9OIXZYg0I42rhWJMQ/s1600/Gambar+Membuat+Meja+Menggunakan+Blender+4.JPG
e.      Buat lagi dengan searah sumbu Y dengan perintah yang sama (ctrl+r) + scroll mouse. Maka akan seperti gambar dibawah : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2P4wiZj5MwThlEXgdTdT24gZFpgRT5U21omow5P4fn-kMmUIPjDsxHF6uzu2AvpcGKgiE2ocTtVjQRN-NRwi68K4EScfOg8Ic3Hc-2lkoDlwlcUZIG5LWmhU-Zzw-eF9hW0X5sH75d1o/s1600/Gambar+Membuat+Meja+Menggunakan+Blender+5.JPG
f.        untuk membuat kaki meja-nya, kita harus menyeleksi dulu bagian yang di pilih menggunakan “Face Select” (ctrl+tab – face Select) atau Lihat pada gambar dibawah :  Lalu sobat arahkan kebawah bagian object, (menahan tombol scroll pada mouse+arahkan mouse kebawah object). Setelah itu seleksi setiap sudut object untuk membuat kaki mejanya dengan menggunakan perintah tekan Shift + klik kanan mouse maka akan menampilkan gambar seperti ini : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAnO1IilKX3qiIa4-WNExhOqrnGs6wrfIwCjlIf-ODPVlCFvi29EQmxGivb9X3aquft9NTeRnW6qobMU7QeV-u5kR7W7SkgQa9PwqT0Zf2ryUvKrjUocqXI52Ge3soY2KKbRCFT-A1Y6g/s1600/Gambar+Membuat+Meja+Menggunakan+Blender+6.JPG
g.      Setelah sudut bagian bawah terseleksi saat-nya untuk menarik bagian yang terseleksi tersebut dengan menekan huruf “e” sekali saja pada keyboard. Dan sesuaikan tingginya dengan keinginan sobat. Maka gambarnya akan seperti ini : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRsTvq-6CPvpdvkFqa2XDFNgx4jfbBhKzpa1CdPMPPOsoGReIyNIk1SayRxJwJbf8_C-N3mhIyZenwOTA5lqiWnvXNKqn575KL3K6_4SDuacbH0tJWErqrVIXK4Hv56e3ScnoLyYMx5mc/s1600/Gambar+Membuat+Meja+Menggunakan+Blender+7.JPG
h.      dan kita kembalikan lagi pada “Object Mode” dengan menekan tombol “Tab” pada keyboard. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7bLPpP6vJI19W6JZN2r05uEMsTyBUV4K9dSBWwOwK1LaK3wckw4QnsWGi3Vfmznz7Li0zI4qdSDyORMP4y1sDO8L_iuQ6FcZZJnE8kRwolGGf0PSjPCsTYA5b5nvJW07p2MvSrJ2SIUw/s1600/Gambar+Membuat+Meja+Menggunakan+Blender+9.JPG
i.        Setelah itu kita beri wana pada object dan background-nya agar terlihat cantik dan indah setelah direndering, dengan cara klik “World” yang berada di kanan layar (yang bergambar bola dunia). Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFMwUdA7Gn4KyUd08v_W-QwWogf_ViNdNQY_De3VJ8RfDDGgFjVCWbCEym-KmIZeyk3o8AowB48uQ4O__8SSDnyYg8WMY8yBJW-qQL7rzgcu6rbEqPedjt13TBiJIJ1DpXpXzJJVdUbNE/s1600/Gambar+Membuat+Meja+Menggunakan+Blender+10.JPG
j.        dan langkah selanjutnya adalah kita render, yaitu kita jadikan object tersebut terlihat seperti nyata / 3 Dimensi. Untuk merender klik Render – Render Image, atau jika ingin cepat ketik F12 pada keyboard. Tunggu beberapa saat dan jenjreenng.. hasilnya akan seperti gambar dibawah.. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirVCuiIdYuz0tcuM6_5Y-2WxmVVOCIGVFiNC-ShTi46KH1sC9scCTOKoazARzYTyS4O-SkLBSdZpv3QkhppauGOQ92wjmmlysiRN2_Kw9C2u95HaInn8i005O59pqrdTX4JyLDlH35V7k/s1600/Gambar+Membuat+Meja+Menggunakan+Blender+11.JPG
7.      Edit Mode digunakan untuk melakukan pengeditan pada objek dengan memilih titik tertentu
8.      Cara memberikan texture (contoh kayu)
a.      cari gambar teksture. (Misal kayu) setelah itu kita aktifkan dulu di menu bar sebelah kanan di bagian Display, beri tanda centang pada Textured Solid (Apabila menu belum muncul tekan “n” pada keyboard) https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2TbZYy2m7xl3osTXZHbtbgKj3mqtCph-ual3Bj-9jrTz3zmGSHnSiWot8XwT5OLA915hBw1x5oCyzneo6C4q1t1Dy7K_ExI7liYmHV42deEywJ_rONOAOVnisdhNFzgpzfRmw1Ai1q3Fs/s320/menu+display.png
b.      Setelah itu kita beralih ke menu material, klik tanda “+” kemudian klik new, Setelah itu kita pindah ke menu texture, klik new, dan pilih ubah type dari Clouds menjadi “Image or Movie” kita geser kebawah dan temukan menu image dan klik Open (untuk memilih gambar yang telah kita siapkan tadi.) Setelah kita pilih kita klik accept. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiaPn6mCGMd-81flvFMWRx3375lM1hiwkSMkiy7AaL69qrG8OxW18eHvh4tTSQoJUBb5bd4Y0jT8KPrXE2hKeQUTkkt8A4ntbos4NpEL2e8STUooiBAPjn4Rg_ojFXVCHpipFnx54CypaX2/s1600/material2.png
c.       https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgO9oM1vrAetPk8VecbRx7GrUGMNReZJ76DeGWSdsJpkM85u_hMmkvwqJ7PFmOrK6HfJeEHTVedb9WG2jlnNkT5sTsPBzfUh160Ps9i-lNmNfmNOI0CO1V4JONBr_PGRY67nCp6XzffuE2w/s1600/texture1.png
d.      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg81Mfu28SF3koRqVU2euWaFFa3JI8POs5Rgt96KSrZ5wMdRbaUInEK907FbNyP7bMmeXhJFnW-EWg0xGrZ022HTe61AbGo-2uE9TGYVGxlFgt1gfM1WaHwf4mqjRIvA8cUES3rxvcSClfq/s1600/type.png
e.      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6UHBHUI7ecXBncTF9flaiHVU1GRV6N5ks4oP_DfJa36yrMneRHkA_874wbXhffJZR9TntCx9szTFJ-zdv9GuGOZUjTkTG4eCL5ievGT4wiMwBBJgp2HFjo4nPZ9EKZqEvFltikZmEcWJ8/s320/Pilih.png
f.        Untuk melihat Hasilnya apakah tekstur sudah bisa di gunakan, kits lihat kembali di material, apabila bola sudah terlihat terdapat sebuah tekstur maka sudah dapat di aplikasikan. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgKLXWVft_lo8rYzk0BqDbvVmUzxsn9NA6-JEGO1F1-N7OnZwrYTpAe2x8Upj5n0BEIInftD2i4pJe5RgUPEDb90wOkoNSPZvnfzNN_v0LLWZgZtbORtxJof3259kqOPOcYjToXARer2fa/s320/material3.png
g.      Sekarang kita beralih pada object kita ubah dari object mode menjadi edit mode seperti tutorial sebelumnya cukup kita tekan tombol “Tab” kemudian Ubah Mesh Select Mode menjadi Face dengan tekan “Ctrl+Tab” Kemudian Pilih face Kita coba select Salah satu face. oh ya sebelumnya kita jadikan jendela view menjadi 2 jendela. Caranya Klik kiri pada pojok kanan atas jendela kemudian drag/ seret ke kiri.
h.      Dan ubah Editor Style salah satu Jendela menjadi "UV/Image Editor" lihat gambar.
i.        https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWWdviG9PthVv6hS1E68DzLhzBK9LwY1g-bMgp2YqJ08GQhE0mqoxVhtsDlII_NLBJRNLfKw5IOMP1t9T0G1cVDxDMcH3K0tfR1DTZ4VjTNbWPJaMRA2pbrLxeoEiBdCrJokFW9Y1RLEVc/s320/uv_image.png atau https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirCtwClMyMEDTekPCb3YWwo_xwJ9YKqB9W22WWgYex5YvxusRKoecXAYmhoyY3u6E0ZcS9QSSxMQbDtQhvkl1nZfilA7tsXMrmUFz6esXbeQ9pi0k0rhyNoTQ_p5XwXnb2EXWzoEB7Qb3R/s1600/floor.png
j.        Kemudaian letakan kursor di jendela sebelah kiri tekan "u" pilih Unwraping,,
Ke menu material lagi kemudian pilih material yang sudah kita beri texture lalu pilih Asign.
maka hasinya akan : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWCNg7f5PDx8VGgTxw7e5dSMwSR33CK4-Cps-0OE0uC8YQrf5vgSZ-aHxxGj712-Xg2l_RgrriEBWtmP5Xb4Qzzaq4sa9AIJb95D3lVPxrqMy5t_7XoCaAbrSTDSY7LgReSAZV3PZo7Yn-/s320/set_jadi.png
9.      Edge adalah garis yang menghubungkan lebih dari dua vertex(titik). Contoh edge pada objek polygon:
a.      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgdFrrnzq6qLXtRQmMHfnOh4enAR-7GwzXxEvrS_7xTRWoGXZe81iawDiVFTcDK4bPgc155SUG_YiTtUgp4JFGvsbWFgvgef19cvwVbhYdSSfpc0swtpbgb_eNuB8ltpuX1mN4JKUPfoJn/s400/edge.jpg



Jawaban belum tentu benar, jadi telitilah sebelum dipakai.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments